Warga Binaan Lapas Paledang Bogor Buka Puasa Bareng Keluarga

 


Bogor, Ekspos Bogor - Ratusan warga binaan pemasyarakatan Lapas Paledang Bogor Kelas IIA telah mendapatkan kesempatan yang langka untuk merayakan buka puasa bersama keluarga mereka dalam momentum Ramadan 1445 H. Kegiatan ini diselenggarakan di Aula Lapas Paledang Bogor, menciptakan suasana kebersamaan yang hangat di tengah penjara.

Kepala Lapas Paledang Bogor, Sopian, menyatakan bahwa kegiatan ini adalah langkah untuk memberikan hak kepada narapidana agar tetap dapat menjalin silaturahmi dengan keluarga selama bulan suci Ramadan. "Mereka bertemu, mereka buka puasa bersama, mereka membawa makanan yang sudah mereka siapkan dari rumah, dan bersama-sama dengan warga binaan lainnya berbuka puasa di lapas," ujar Sopian.

Tahun ini merupakan tahun kedua pelaksanaan kegiatan buka puasa bersama di Lapas Paledang Bogor. Tujuan dari kegiatan ini adalah agar narapidana dapat merasakan atmosfer Ramadan dan kembali merasakan kehangatan bersama keluarga, sesuai dengan tradisi umat Muslim pada umumnya.

Meskipun memberikan kesempatan kepada keluarga untuk berkumpul dengan narapidana, Lapas Paledang Bogor tetap menjaga keamanan dengan melakukan serangkaian pemeriksaan ketat, termasuk penggeledahan dan pemeriksaan melalui X-Ray. Setiap barang bawaan pun diperiksa secara cermat, dengan beberapa barang seperti sandal tidak diizinkan masuk.

Saat acara buka puasa bersama, setiap narapidana diperbolehkan menerima kunjungan dari empat orang dewasa dan anak-anak. Ini memberikan kesempatan bagi narapidana untuk merayakan Ramadan dengan lebih berseri di tengah kehadiran orang-orang yang dicintai.

Selama bulan Ramadan, narapidana diberikan kesempatan untuk menjalankan ibadah-ibadah, termasuk salat Tarawih. Kepala Lapas Paledang Bogor, Sopian, menambahkan bahwa di pagi hari, mereka diberikan siraman rohani dan bimbingan rohani seperti pembacaan Alquran dan tausiyah oleh ulama yang didatangkan ke lapas.

Sebagian besar keluarga memanfaatkan kesempatan ini untuk saling bercengkrama dan melepas rindu di Lapas Paledang Bogor. Kegiatan ini tidak hanya membawa sukacita bagi narapidana dan keluarga mereka, tetapi juga memberikan pesan penting tentang pentingnya menjaga silaturahmi, mempertahankan nilai-nilai agama, dan kesejahteraan emosional di tengah kondisi penjara.

Post a Comment